“Bangun Kebersamaan”

Di dalam lembaga pendidikan tinggi memiliki program studi yang berkualitas merupakan dambaan orang-orang yang ada di dalamnya. Program studi yang berkualitas akan menghasilkan lulusan yang berkualitas dan lulusan yang berkualitas merupakan modal dasar untuk membangun bangsa agar menjadi bangsa yang bermartabat di dunia internasional. Tentu saja untuk mewujudkannya, tak semudah membalikan telapak tangan. Ini disadari betul oleh Program Studi Pendidikan Sejarah STKIP Setia Budhi yang saat ini sedang berjuang agar menjadi program studi yang berkualitas.

Untuk dapat menjadi program studi yang berkualitas maka program studi harus memiliki dosen-dosen yang berkualitas. Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Dosen yang berkualitas adalah dosen yang memiliki kualifikasi akademik dan sebagai pendidik.Untuk menjadi dosen yang memiliki kualifikasi akademik dan sebagai pendidik tidak lain dengan mewujudkan Tri Darma Perguruan dalam kehidupan dosen.

Belum tumbuhnya semangat meneliti pada sebagian dosen yang ada di program studi sejarah STKIP Setia Budhi merupakan persoalan yang tentu saja harus segera diatasi. Jangan biarkan hal ini berlarut-larut. Padahal dengan melakukan penelitian akan menemukan hal-hal baru yang dapat dikemas menjadi karya ilmiah yang bisa diterbitkan di Jurnal. Oleh karena itu bagi dosen yang sudah terbiasa meneliti alangkah baiknya menggandeng dosen yang belum pernah meneliti dan jangan cuma sekali, tetapi terus bergantian. Dengan kata lain dosen yang lebih berpengalaman membantu dosen yang belum berpengalaman. Bukankah tangan di atas lebih baik dari pada tangan di bawah. Bila dosen yang pada awalnya belum pernah diikutsertakan dalam penelitian bila kerap diikutsertakan dalam penelitian lambat laun akan tumbuh semangat untuk melakukan penelitian. Memulai memang bukan pekerjaan yang mudah. Tetapi bila sudah memulai yang terjadi sebaliknya menghentikan bukan hal yang mudah. Bayangkan kalau dosen di Program Studi Pendikan Sejarah kecanduan melakukan penelitian.

Masalah lain yang perlu dicermati adalah belum meratanya dosen yang melakukan pengabdian pada masyarakat. Persoalannya hampir mirip dengan penelitian oleh karena masih membutuhkan uluran pengalaman, kesempatan sehingga bisa mandiri dalam melaksanakan pengabdian pada masyarakat.

Letak geografis kita yang agak jauh dari toko buku yang menyediakan buku-buku perkuliahan merupakan masalah tersendiri dalam referensi untuk perkuliahan. Alangkah baiknya kalau perpustakaan jurusan dipenuhi oleh buku-buku sumber pengajaran. Caranya adalah dengan merubah bentuk sumbangan untuk perpustakaan bagi para lulusan, yang biasanya buku diganti dengan bentuk lain yang lebih fleksibel yaitu uang. Dengan uang lebih leluasa dalam mewujudkan bukunya.

Nuansa dunia kampus akan lebih terasa bila sering menyelenggarakan kegiatan seminar ditingkat prodi. Kegiatan diselenggarakan secara berkala. Pembicaranya dosen dari Program Studi Sejarah dengan tema disesuaikan dengan mata kuliah yang diampunya. Ini penting sebagai sarana pelatihan menulis bagi dosen sekaligus sarana pelatihan sebagai pembicara.

Hal lain yang perlu kita sikapi adalah makin sedikitnya jumlah mahasiswa yang mendaftar pada jurusan pendidikan sejarah. “Kita jadi dosen karena ada mahasiswa “ ucapan pak Tasril , alm. Jurusan akan mati tanpa mahasiswa oleh karena itu dipikirkan formula yang cocok untuk menarik minat agar para lulusan SMA di Kab. Lebak khususnya dan Banten umumnya tertarik masuk pada jurusan sejarah.

Komunikasi sesama dosen perlu dibangun dan difasilitasi agar tercipta suasan pertemanan, kekeluargaan, persaudaraan yang solid sehingga diharapkan dapat tercipta semangat kerja yang tinggi yang pada akhirnya melahirkan kreatifitas yang dibutuhkan bagi program studi yang berkualitas.

SILAKAN BERI KOMENTAR

Temui Kami di Facebook

Statistik

  • 1564Dibaca Hari Ini:
  • 1886Dibaca Kemarin:
  • 37036Dibaca Per Bulan:
  • 658660Total Pengunjung:
  • 1472Pengunjung Hari ini:
  • 34456Kunjungan Per Bulan:
  • 8Pengunjung Online: