“Cara membuat otak berpikir lebih cepat”

Oleh: Yasir M Hadi

Sering kali kita tidak mengerti mengapa otak kita tidak bisa menyerap sesuatu dengan cepat…. Nah. disini aku memberikan cara2 yang mungkin berguna bagi pembaca untuk meningkatkan daya ingat otak kita.

1. Ambillah dosis EPA secukupnya

EPA adalah bahan kimia dalam minyak ikan yang merupakan makanan bagi otak, setiap orang pasti sudah mengetahuinya, jadi mengapa tidak memberikannya kapsul minyak ikan setiap hari untuk meningkatkan kekuatannya. Riset menunjukan bahwa minyak ikan dapat memfasilitasi peningkatan aktivitas pada otak, memperlancar peredaran darah, meningkatkan memori dan konsentrasi.

*Mungkin akan terlalu sulit bagi anda, karena harganya juga tidak murah.. Buat yang mampu, bagus banget nihh..

2. Seks secara teratur

Berhubungan seks dapat melepaskan senyawa kimia yang dapat meningkatkan kekuatan otak, menurut buku terkini “Teach yourself. Training your brain” yang ditulis oleh pengajar senior dan seorang ahli biologi. Seks adalah bentuk sempurna dari latihan, yang juga meningkatkan peredaran darah ke otak. Ia dapat mengurangi stress dan ketegangan yang menurunkan efisiensi kinerja otak.

* Ini buat yg udah nikah ..

3. Kerjakan sebuah teka teki

Teka-teki silang, Sudoku atau yang lainnya dapat membuat otak Anda tetap pada kondisi terbaik. Sama seperti otot, jika Anda tidak berlatih secara reguler, ia akan kehilangan kemampuannya untuk bekerja secara maksimal.

* Lakukan serutin mungkin, biar otak ga tumpul di asah terus..

4. Pergi berjalan kaki

Tidak ada yang dapat mengalahkan udara segar yang dapat menyegarkan pikiran yang dapat mengurangi percakapan mental yang mengganggu logika dan pikiran konstruktif. Sebuah perjalanan di pinggiran kota, dekat sungai atau sekedar di taman akan membantu Anda menyingkirkan awan kelabu dan membantu pikiran Anda tetap jernih.

* Jangan naek motor terus. sekali kali jalan napa..

5. Mempelajari bahasa baru

Mempelajari bahasa baru dapat sindrom dementia (kemunduran otak) sampai dengan empat tahun menurut artikel yang dimuat pada New Scientist. Alasan pasti untuk hal ini belum diketahui, namun dipercaya bahwa ia memiliki hubungan erat dengan peningkatan perdaran darah dan koneksi saraf yang baik.

* belajar bahasa inggris aja paling gampang…

6. Tertawa

Tawa bukan saja merupakan obat terbaik, ia juga dapat meningkatkan fungsi otak dan menstimulasi kedua sisi otak pada saat yang bersamaan. Pastikan Anda tertawa setiap harinya.

* Tertawalah terus.. jangan kelebihan aja,,

7. Menjadi kreatifif

Melukislah atau pelajari alat musik yang baru, bergabunglah dengan kelas kesenian walaupun Anda yakin Anda payah dalam hal tersebut. Menjadi kreatif memungkinkan Anda untuk menemukan solusi baru untuk permasalahan yang sudah lama dan meningkatkan kesadaran pada saat yang bersamaan.

* Buatlah kreasi dirimu sendiri,…

8. Belajar melempar barang

Riset dari Universitas Regensburg di Jerman memindai otak dari seorang juggler (pemain sulap yang melemparkan barang) dan menemukan bahwa kegiatan ini dapat meningkatkan struktur otak. Setelah berlatih selama tiga bulan, otak akan menunjukan peningkatan signifikan pada dua bagian, yaitu bagian mid-portal dan posterior intraprietal sulcus kiri.

* Mari kita bermain lempar2 an… keluarkan semua piring di dapurmu,,

9. Berhubungan dengan sifat keanak-anakan Anda

Einstein pernah berkata bahwa imajinasi lebih penting daripada pengetahuan dan ia menggunakannya pada beberapa eksperimen yang akhirnya membuatnya menemukan perhitungan paling terkenal sepanjang masa (E=MC2).

Cobalah lihat anak-anak, mereka penuh dengan imajinasi, dan mereka belajar lebih banyak pada tahun-tahun awal kehidupan mereka lebih daripada apa yang kita pelajari selama satu dekade. Bebaskan pikiran Anda dari penjara pikiran “seorang dewasa”, Anda akan menemukan cara berpikir yang belum pernah ada sebelumnya, Anda mungkin akan membuat penemuan besar yang berikutnya.

* Mari kita berimajinasi..

Semoga bermanfaat

Sumber : http://www.huteri.com/106/cara-membuat-otak-berpikir-lebih-cepat/

5 Komentar

  • Aminah

    Mar 20, 2011

    1.menurut saya filsafat sejarah itu tidak mudah rumiiiiit.......... 2.bagimana cara berpikit filsapat 3.insa allah saya akan mempelajarinya lagi 4. filsafat ilmu memang tidak mudah di peajari lalierrrrrrrrrr 5. makasih atas tugasnya .

  • Nariah

    Mar 20, 2011

    1.bapak bagaimana agar saya memgerti bahasa filsat 2.filsafat itu memang susah di fahami 3.saya akan belajar filsat lebih dalam lg 4.saya terima nulai jelek karena filsat memang rumit 5. saya terima tugas ini

  • siti toiyah

    Mar 20, 2011

    1.saya tidak mengerti tentang filsafat 2.wajar kalau nilai saya d karena bagi saya filsafat itu tidak mudah di mengerti 3.yang muda aja sulit mengerti tentang filsafat apalagi saya otaknya cuma paspasan 4.filsafat membingungkan 5.terima kasih atas nilai dan tugas nya

  • soediro

    Mar 24, 2011

    coba gabung di group / millist para pemikir di yahoo, mudah2an membantu,...satu langkah surut bukanlah kegagalan...tapi jadikan pemicu untuk pencapaian yang lebih baik.....bekerja dan berdo'a...semoga sukses untuk siti toiyah

  • sariningsih

    Mar 24, 2011

    untuk nariah dkk, filsafat bukan lah pencapaian angka-angka, apalagi nilai.....akan tetapi kemampuan kita meraih kesejatian hidup melalui berpikir kritis,...agar kita faham betul atas apa yang terjadi pada kehidupan kita,..dan kita mampu menyusun tahap hidup berdasarkan rencana yang berbasis nalar, logika. so jangan patah arang ya,..tetap semangat dan maju. sebagai tips; coba ikuti acara atau jaringan golden ways nya mario teguh....di facebook juga ada......salam SN

SILAKAN BERI KOMENTAR

Temui Kami di Facebook

Statistik

  • 43Dibaca Hari Ini:
  • 1523Dibaca Kemarin:
  • 18658Dibaca Per Bulan:
  • 468202Total Pengunjung:
  • 42Pengunjung Hari ini:
  • 17686Kunjungan Per Bulan:
  • 0Pengunjung Online: