Alasan Soekarno Membentuk Poros Jakarta-Peking (Beijing) pada tahun 1964

Banyaknya kontroversi tentang seputar peristiwa G30S/PKI masih menjadi sebuah perdebatan yang panjang terutama menguak siapa orang yang paling bertanggung jawab terhadap peristiwa tersebut. salah satu pihak yang dituduh yaitu Soekarno presiden RI pertama, alasan mengapa Soekarno menjadi salah satu orang yang dianggap bertanggung jawab adalah karena program kerjasama yang dibentuk Soekarno pada masa itu yaitu Poros Jakarta – Peking.

Pada dasarnya Soekarno membentuk kerjasama tersebut dilandasi beberapa faktor, bukan merupakan hasutan dari petinggi PKI melainkan semuanya itu dilaksanakan atas dasar membawa negara Indonesia menjadi negara yang besar, mandiri dan dihormati oleh bangsa-bangsa lainnya. faktor-faktor yang menjadi penyebab mengapa poros Jakarta-Peking dilaksanakan antara lain:

  1. Konfrontasi dengan Malaysia membuat Indonesia membutuhkan bantuan militer maupun logistik mengingat Malaysia didukung penuh oleh Inggris sehingga Indonesia pun harus mencari negara besar yang bisa mendukung Indonesia dan juga bukan sekutu dari Inggris salah satu negara yang dimaksud adalah China
  2. Posisi negara Indonesia sebagai negara yang baru merdeka membuat Indonesia membutuhkan banyak bantuan modal asing, namun bila menggantungkan diri pada negara besar seperti USA dan Inggris akan membuat Indonesia semakin sulit karena besrnya bunga dan persyaratan yang memberatkan sehingga Indonesia perlu mencari negara donor yang mampu memberikan bantuan dengan persyaratan yang mudah yaitu China dan Uni Soviet
  3. Ketidak adilan PBB terhadap negara-negara yang baru merdeka seperti Indonesia membuat Indonesia membutuhkan bantuan suara di PBB, sehinggga kerjasama dengan China dan Uni Soviet yang merupakan Dewan Keamanan PBB akan membuat suara Indonesia didengar oleh PBB.

SILAKAN BERI KOMENTAR

Temui Kami di Facebook

Statistik

  • 1111Dibaca Hari Ini:
  • 1996Dibaca Kemarin:
  • 17044Dibaca Per Bulan:
  • 349733Total Pengunjung:
  • 1055Pengunjung Hari ini:
  • 16170Kunjungan Per Bulan:
  • 10Pengunjung Online: