Apakah Ilmu Ekonomi Itu ?(SP00)

Di dalam kehidupan sehari-hari, mungkin kita selalu berpikir untuk membeli barang-barang yang sangat kita butuhkan. Jika masih ada sisa mungkin kita bisa membeli barang lainnya. Namun jika tidak memiliki sisa, maka kita menangguhkan untuk membeli barang itu lain waktu. Sebuah keluarga dengan penghasilan yang pas-pasan tidak mungkin setiap tahunnya bisa mengganti mobilnya dengan mobil baru, dan tidak mungkin pula setiap bulannya pergi rekreasi. Semua ini terjadi karena adanya kendala (keterbatasan) keuangan, sehingga membuat keluarga tersebut tidak mampu memenuhi seluruh keinginannya.

Demikian pula sebuah perusahaan yang ingin mencapai sukses agar bisa mengalahkan saingannya, akan menemui kendala (keterbatasan). Tidaklah mungkin sebuah perusahaan akan langsung sukses mengalahkan saingannya tanpa berusaha keras ataupun memiliki modal yang sangat besar. Keterbatasan yang paling utama ditemui oleh perusahaan adalah modal, sehingga akan menentukan besar kecil perusahaan. Selanjutnya yang menjadi kendala adalah skill dari tenaga kerja. Perusahaan yang baru berdiri, akan memiliki tenaga ahli yang lebih sedikit dibanding perusahaan yang besar dan sudah lama berdiri. Untuk memiliki tenaga ahli yang banyak, tentu saja perusahaan harus membayar dengan mahal. Padahal perusahaan itu umumnya memiliki modal yang terbatas. Jadi, perusahaan juga harus menentukan pilihan-pilihan yang utama, dan tidak mungkin seluruh keinginannya terpenuhi semuanya dengan cepat.

Kasus serupa juga terjadi pada sebuah negara. Indonesia misalnya memiliki tanah yang luas dan jumlah penduduk yang besar. Namun teknologinya masih sangat terbatas. Dari potensi sumber daya yang dimiliki ini, Indonesia tidak dapat menjadi negara industri yang maju karena teknologinya rendah. Akan tetapi, Indonesia berdasarkanan sumber daya yang dimiliki sangat cocok untuk membangun sektor pertanian dan perkebunan, karena kedua bidang ini memerlukan tanah yang luas dan tenaga kerja yang banyak.

Dari ketiga contoh di atas dapat kita simpulkan bahwa di dalam memenuhi seluruh kebutuhan manusia yang tidak terbatas, selalu ditemui kendala (keterbatasan). Kendalanya adalah sumber daya. Sumber daya itu dapat berupa uang, modal, teknologi, pendidikan, keahlian, kekayaan alam dan lain-lain. Berdasarkan kasus-kasus ini, maka perlu kiranya kita untuk mempelajari ilmu ekonomi. Karena ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari upaya manusia baik secara individu maupun masyarakat dalam menentukan pilihan-pilihan terhadap sumber daya yang terbatas jumlahnya untuk memenuhi kebutuhan yang tidak terbatas jumlahnya.

SILAKAN BERI KOMENTAR

Temui Kami di Facebook

Statistik

  • 28Dibaca Hari Ini:
  • 1790Dibaca Kemarin:
  • 17751Dibaca Per Bulan:
  • 350404Total Pengunjung:
  • 24Pengunjung Hari ini:
  • 16841Kunjungan Per Bulan:
  • 2Pengunjung Online: