Bukti dan Fakta Sejarah

Sejarah suatu masyarakat atau bangsa dimasa lampau berhasil diketahui melalui penemuan bukti- bukti atau fakta- fakta yang menunjukkan terjadinya suatu peristiwa di masa lampau itu. Bukti dan fakta sejarah dapat diketahui melalui 3 sumber yaitu :

a. Sumber Primer

Bukti dan fakta tentang peristiwa sejarah diuraikan oleh para pelaku yang mengalami suatu peristiwa sejarah. Biasanya pelaku tersebut menyembunyikan atau menenggelamkan bukti-bukti atau fakta-fakta yang melemahkan kedudukannya dalam peristiwa sejarah. Hal serupa berlaku pula pada pernyataan saksi suatu peristiwa sejarah. Para saksi didalam mengungkapkan suatu peristiwa sejarah juga tidak terlepas dari unsur subjektivitas. Hal ini disebabkan adanya unsur keberpihakkan dari para saksi tersebut atau juga disebabkan oleh latar belakang keahlian yang dimiliki oleh saksi.

Contoh : Prasasti, kronik, piagam dll.

b. Sumber Sekunder

Bukti dan fakta tentang peristiwa sejarah duiraikan oleh seseorang yang bukan pelaku atau saksi dari peristiwa tersebut. Akibatnya kebenaran dari peristiwa tersebut semakin berkurang. Berdasarkan informasi prasasti itu, para ahli mencoba untuk membuat penafsiran tentang keseluruhan keadaan pada masa itu, baik tentang perkembangan sistem pemerintahan kerajaan, kehidupan sosial, ekonomi, budaya dan kepercayaan masyarakat dari kerajaan-kerajaan bersangkutan. Berdasarkan bukti dan fakta dari sumber sekunder itu, kebenaran tentang suatu peristiwa sejarah tidak dapat diketahui secara keseluruhan. Keterkaitan peristiwa yang satu dengan peristiwa berikutnya dapat diketahui oleh generasi penerus dari suatu bangsa.

Contoh : prasasti Tinulad (tiruan), Laporan penelitian, dan terjemahan kitab- kitab kuno.

c. Sumber Tersier

Yaitu berupa buku- buku sejarah yang disusun berdasarkan laporan penelitian langsung.

SILAKAN BERI KOMENTAR

Temui Kami di Facebook

Statistik

  • 1826Dibaca Hari Ini:
  • 1035Dibaca Kemarin:
  • 13924Dibaca Per Bulan:
  • 346827Total Pengunjung:
  • 1648Pengunjung Hari ini:
  • 13264Kunjungan Per Bulan:
  • 2Pengunjung Online: