cileubang

oleh: Inah

Asal mula kampung cilebang di ambil dari sejenis nama ikan karena pada saat itu banyak di temukan berbagai ikan lubang di perairan yang mengalir kepemukiman desa karena banyak ikan ikan yang di dapat serta perairan yang di anggap sangat penting bagi kelangsungan hidup masyarakat seketika kampung itu di sebut kampung cileubang DS sukajaya kampung cileubang pun mempunyai berbagai karakteristik kebudayaan di antranya yang paling menonjol yaitu ngajiwa.

Saya tinggal di kampung cileubang yang Dsnya sukajaya dan kampung saya juga di sebut kampung cileubang karena di sna juga ada sebuah kali yang dinamakan cicaleubang kali itu sendiri tak begitu jauh dari rumah saya,disana pun juga ada hiburan yang unik yng di namakan angklung dan kenang penca biasanya angklung dn kenag penca itu dipake keetika ada yang hajatan dan itu pun kalau yang hajatan itu sendiri menarik terhadap kedua hiburan sendiri .

Dan yang sering kepake pada waktu hajatan yaitu angklung bukan kenag penca karena yang membedakan kedua hiburan tersebut penyanyinya atau bisa disebut dengan artisnya biasanya bagi para remaja tak pernah tertarik dengan hiburan itu namun bagi or5ang tua mereka itu sangat menyenagi atau suka terhadap hiburan itu dan juga sangat terhibur dengan angklung tersebut .

Konon katanya dahulu kala kampung cileubang kebakran dan semua rumah hangus dimakan sijago merah dan di cilebang pun terdapat dua DS yang pertama itu adalah DS saya sendiri DS sukajaya dan g keduanya adalah DS sinarjaya.

Dan pada waktu kebakaran itu alhamdulilah tidak ada korban orang tapi meski tidak ada korban orang tetap saja sijago merah tersebut merugikan banyak orang dan juga katanya dulu itu di kampung cileubang tempat gerombolan dan mereka sering sembunyi di kampung cileubang.

Pada waktu kebakaran itu saya pun katanya belum lahir cuma denger sedikit dari orang tua namun alhamdulilah karena sekarng kampung cilebang sudah utuh kembali meski pernah terkena musibah yang sangat meyedihkan sekiranya tidak ada korban orang meski rijki hilang namun itu dapat kita cari berdoa dan berusaha.

Dan semenjak kejadian di kampung cileubang pun selalu berhati hati dengan yang namanya sijago merah karena trauma atas kejadian dimasa lampau tersebut ketika semua rumah itu hangus semua orang memikirkan entah dari mana makan, tidur ,pakaian,dan besrta lainnya juga tetapi mungkin pada saat itu kampung cilubang pun mendapat sumbangan atau apa karena saya kurang begitu tau dengan semua kejadin itu tersebut .

Denger semua itu rasanya sangat mengerikan karena semua orang juga tidak bisa mengelak pada cobaan dari yang maha kuasa asal kita cukup sabar untuk menghadapi cobaan itu sendiri sekarang kampung saya sudah utuh meski saya tidk tau kejadian yang sebenarnya saya cuma sekedar mendengar saya pun belum pernah penelitian.

Terimakasih.

SILAKAN BERI KOMENTAR

Temui Kami di Facebook

Statistik

  • 28Dibaca Hari Ini:
  • 1790Dibaca Kemarin:
  • 17751Dibaca Per Bulan:
  • 350404Total Pengunjung:
  • 24Pengunjung Hari ini:
  • 16841Kunjungan Per Bulan:
  • 0Pengunjung Online: