Cinyiru

oleh: Musarapah

Dulu di kampung saya ada sungai, sungainya itu sangat unik sekali karena airnya itu membentuk bulatan seperti bentuk”Nyiru”. Dari situlah orang-orang menyebutnya dengan sebutan cai nyiru atau Cinyiru.

Tempat yan begitu sepi karena waktu itu belum menjadi kampung, namun lama kelamaan orang- orang pada mendirikan rumah di kampung itu.

Setelah beberapa bulan kemudian orang orang berunding atau bermusyawarah bagaimana kalau kampung ini diberi nama kampung Cinyiru,sesuai dengan nama sungainya.Sejak saat itulah kampung itu diberi nama kampung Cinyiru.

Suatu kejadian pernah dialami oleh kampung ini,orang-orang pada ribut karena orang cihiris atau warga cihiris akan menyerbu kampung cinyiru.Warga kampung cinyiru pada takut dan pada lari mengumpat atau menyelamatkan diri mereka masing- masing ke hutan saking tidak mau ketahuan oleh warga cihiris yang akan menyerbu.Namun setelah beberapa jam kemudian warga kampung pada balik ke rumah masing- masing,karena sudah merasa aman kalau warga cihiris tidak akan ke kampung ini lagi.

Ternyata setelah diselidiki itu semua hanya isu belaka yang ingin menakut nakuti kampung cinyiru,ternyata mereka juga takut diserbu oleh warga cinyiru.Jadi keduanya itu pada sama sama takut di serbu/di serang.Dan semenjak saat itu tidak ada lagi isu- isu yang tidak jelas seperti itu.

Masyarakatnya sangat sangat ramah dan juga bisa saling diandalkan satu dengan yang lainnya dalam bidang kemasyarakatan seperti bergotong royong dalam membersihkan selokan-selokan agar tidak tersumbat aliranya,membersihkan halaman masjid ketika bergotong royong dan masih banyak lagi.Sehingga kampung ini sangat rukun dan aman.

SILAKAN BERI KOMENTAR

Temui Kami di Facebook

Statistik

  • 1409Dibaca Hari Ini:
  • 1839Dibaca Kemarin:
  • 15346Dibaca Per Bulan:
  • 348131Total Pengunjung:
  • 1294Pengunjung Hari ini:
  • 14568Kunjungan Per Bulan:
  • 9Pengunjung Online: