Artikel

0

KAPITA SELEKTA KEBANTENAN

Diposting oleh Ciciren

Share

Sebanyak 550 mahasiswa Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Setia Budhi Rangkasbitung mengikuti kegiatan observasi kuliah lapangan yang terbagi dua gelombang yang diselenggarakan di Desa Sindanglaya, Kecamatan Sobang (14 s/d 16) Januari & (26 s/d 28) Februari 2010. Kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari tersebut merupakan kegiatan tugas akhir dari mata kuliah Kapita Selekta Kebantenan yang merupakan salah satu mata kuliah di STKIP Setia Budhi Rangkasbitung.


Pada Kegiatan yang sama, Kegiatan tersebut dibagi menjadi 3 gelombang & gelombang pertama sudah dilaksanakan bulan desember 2009. Dari jumlah yang mengikuti tersebut merupakan gelombang ke dua dan ketiga. Yang masih bertemakan “Mapagkeun Budaya, Nyekelkeun Adat”. Kegiatan tersebut juga bertujuan agar mahasiswa mampu melakukan pemetaan budaya dengan melakukan pencarian data informasi di lokasi tempat kegiatan dilaksanakan yang kemudian diolah menjadi sebuah artikel sebagai karya yang bisa dipertanggungjawabkan. Ujar Iwan Wahyudin sebagai ketua koordinator pelaksana disela-sela kesibukannya, Abah Aden (Sesepuh/kaolotan) desa Sindanglaya menambahkan, Sobang merupakan daerah yang masih memegang teguh adat kaolotan dan Selalu melaksanakan budaya leluhurnya sampai sekarang. Banyak hal yang sangat menarik dan bisa dipetik serta bermanfaat untuk masyarakat khususnya mahasiswa terutama masalah kebudayan dengan berbagai kelebihan yang dimiliki oleh Desa Sindanglaya, dari mulai kebudayaan masyarakat setempat hingga pemetaan wilayah termasuk sebaran penduduk yang masih teratur pada saat ini.
Hal yang sangat ditekankan pada kegiatan pemetaan budaya tersebut adalah kebudayaan lokal yang ada di daerah sehingga diharapkan mahasiswa sebagai kaum intelektual yang merupakan agent of change atau agent of social control dimana hidup dalam heterogenitas budaya bisa mengimbangi pengaruh-pengaruh budaya asing dengan akar budaya yang dimiliki dan ada di daerahnya.

Silakan Beri Komentar

© Copyright Prodi Sejarah 2011. All rights reserved.