Kiara Bandung

Apandi)*

Konon katanya, kampung halaman saya ini dulunya adalah sebuah ladang yang dikelilingi oleh pepohonan dan hutan-hutan kecil disekitarnya. Dari sekian banyak pohon, ada sebuah pohon yang sangat besar, kuat dan rindang, yang orang sekitar menyebutnya ‘’pohon kiara’’. Dari nama pohon inilah nama kampung halaman saya di ambil.

Konon katanya, dibawah pohon besar itu (pohon kiara) terdapat sebuah rumah kecil/saung, dirumah itu hidup seorang kakek yang tinggal seorang diri (sebatang kara), yang bernama ‘’Aki Arkara’’. Keseharian kakek ini hanya di habiskan dengan berkebun dan berternak, di karenakan tanah yang ada disekitar pohon besar itu (pohon kiara) adalah tanah yang subur, sehingga hasil kebun Aki Arkara selalu berlimpah dan menghasilkan hasil kebun yang berkualitas baik. Dari hasil berkebun inilah Aki Arkara dapat bertahan hidup, meskipun dia hanya tinggal seorang diri.

Aki Arkara mempunyai hobby bermain seruling, dan dia selalu memainkan serulingnya itu disaat waktu luangnya. Suara lantunan seruling yang dia mainkan menghasilkan nada-nada yang indah dan merdu, sehingga membuat banyak orang yang terpikat dan terkagum-kagum dengan suara seruling yang dia mainkan. Aki Arkara biasa memainkan serulingnya itu dibawah pohon besar (pohon kiara) yang ada dibelakang rumahnya.

Konon katanya yang menanam dan merawat pohon kiara dari kecil hingga menjadi sangat besar adalah Aki Arkara sendiri. Nama pohon kiara pun diambil dari nama panggilan sehari-hari Aki Arkara yaitu ‘’Ki Ara’’.

Setelah banyak orang yang mengetahui kalau tanah disekitar pohon kiara adalah tanah yang subur, akhirnya banyak orang yang mendirikan rumah/tempat tinggal disekitar pohon besar itu (pohon kiara), sehingga yang tadinya hanyalah sebuah ladang yang di kelilingi hutan-hutan kecil, berubah menjadi perkampungan yang ramai, yang dinamakan ‘’kampung kiara’’. Nama kampung kiara diambil dari nama pohon besar yang ada di kampung halaman saya (pohon kiara).

Penulis adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Sejarah

 

SILAKAN BERI KOMENTAR

Temui Kami di Facebook

Statistik

  • 1457Dibaca Hari Ini:
  • 1839Dibaca Kemarin:
  • 15394Dibaca Per Bulan:
  • 348175Total Pengunjung:
  • 1338Pengunjung Hari ini:
  • 14612Kunjungan Per Bulan:
  • 5Pengunjung Online: