MESJID AGUNG AS-SALAFI CARINGIN KAMPUNG CARINGIN

Mesjid Agung As-Salafi didirikan tahun 1884 (setelah peristiwa dahsyat meletusnya Gunung Krakatau) oleh seorang ulama besar Syeh Asnawi Bin Syeh Abdurrohman. Namun mesjid Agung ini sudah mengalami pemugaran sebaganyak dua kali, yaitu :

  1. Pertama tahun 1984 (dengan dana dari Kementerian Pariwisata dan Kebudayaan)
  2. Kedua tahun 2000 (dengan dana dari seorang pengusaha Nasional yang dermawan bernama Probosutejo)

Adapun sekarang Mesjid tersebut digunakan untuk berbagai kegiatan Keagamaan juga kegiatan social seperti Maulisd Nabi Muhammad SAW, Isra’ Mi’raj, sunatan/khitanan missal dan lain-lain. Namun sampai dengan sekarang keturunan dari pendiri mesjid yang masih hidup tinggal satu orang yaitu Ratu Khusuniah. Syeh Asnawi meninggal pada tahun 1937 atau 60 tahun yang lalu.

Nama tempat Caringin dahulunya merupakan Ibukota Kabupaten sebagai pusat kegiatan ekonomi dan pemerintah pada saat itu. Namun karena ada kejadian bencana yang luar biasa yaitu meletusnya Gunung Krakatau pada tahun 1883 maka dengan sendirinya pusat pemerintahan dan pusat kegiatan ekonomi pun beralih ke Menes kemudian tidak lama akhirnya pindah ke Pandeglang.

Ayahanda syeh Asnawi ialah seorang Hakimdi Kabupaten Caringin dan menurut silsilah beliau masih keturunan Kerajaan Besar Mataram dari ibunya Syah Sultan Hasanudin Banten.

Berkat didikan yang keras dalam bidang agama, pada usia 11 tahun Syeh Asnawi sudah hapal al-Quran dan setelah orangtuanya meninggal, beliau berangkat ke Tahan Suci Mekah Al-Mukaromah.

Sumber : Ust Ukat dan Ust Suryani

SILAKAN BERI KOMENTAR

Temui Kami di Facebook

Statistik

  • 37Dibaca Hari Ini:
  • 1839Dibaca Kemarin:
  • 13974Dibaca Per Bulan:
  • 346870Total Pengunjung:
  • 33Pengunjung Hari ini:
  • 13307Kunjungan Per Bulan:
  • 0Pengunjung Online: