PAREGREG

Tentang Perang Paregreg. Bahwa perang itu terjadi setelah Prabu Hayamwuruk wafat.

Perkawinannya dengan permaisuri Dewi Sori , hanya melahirkan putri sedang perkawinannya dengan selir( Kedaton Wetan/majapahit Timur) melahirkan seorang putra. yang kemudian bernama Bhre Wirabumi dan diangkat sebagai raja Majapahit Timur*)(Blambangan dan Bali?),sedang Majapahit Pusat tetap ditangan Prabu Hayamwuruk. Ketika Prabu Hayamwuruk wafat, pewarisan tahta tidak tertata dengan baik dan jatuh ke putrinya Dyah Kusumawardhani yang tidak memiliki kecakapan memerintah , maka suaminya Wikramawhardana secara perlahan dan pasti mengambil alih kekuasaan, dan kekuasaan inipun nanti diwariskan kepada putrinya Dewi Suhita. Sejak diambil alih oleh Wikramawardana, sebenarnya telah timbul masalah, apakah menantu lebih berhak dari putra dari selir, apalagi ketika mahkota diserahkan kepada putrinya Dewi Suhita padahal dasar pewarisan adalah Patrilineal…..Disamping itu Negara Kertagama mengungkap fakta lain, sejak Wikramawardana menjadi raja, kedudukan para pendeta Hindu Siwa mulai tersingkir. Seperti diketahui Wikramawardana adalah seorang penganut Budha, dan diakhir pemerintahannya malah menjadi Bhiksu. Sedangkan prabu Hayamwuruk adalah seorang Hindu Siwa dan telah dinobatkan sebagai Sang Hyang Giri Nata Bathara Siwa( perwujudan dewa Siwa di bumi) sedang Bhree Wirabumi adalah seorang Hindu Siwa yang teguh.

Perselisihan tersebut akhirnya memuncak menjadi Perang Paregreg( Perang yang terjadi berkali kali). Bhree Wirabumi tak terkalahkan.Karena itu Wikramawardhana akhirnya berjanji akan mengangkat Bhree Wirabhumi menjadi raja Majapahit setelah pemerintahan beliau dan sebagai tanda keseriusan janji Wikramawardhana menikahkan adiknya dengan Bhre Wirabhumi. Tetapi rupanya Wikramawarhana tidak memenuhi janji tersebut dan malahan mengangkat putrinya Dewi Suhita menjadi raja Majapahit. Tentu hal ini tidak diterima oleh Bhree Wirabhumi. Tetapi rupanya Dewi Suhita,telah mempersiapkan penyerbuan ke Blambangan dengan mengerahkan seluruh kekuatan tempurnya yang dipimpin Bhre Narapati.( Dalam versi lain penyerbuan ini dipercepat karena Panglima Cheng Ho mengunjungi Blambangan . Padahal kunjungan ini dilaksanakan semata mata karena panglima Cheng Ho , mendengar kemakmuran Blambangan ,dan berkeinginan menambah perbekalan, tetapi oleh Bhree Narapati ditafsirkan sebagai dukungan panglima Cheng Ho kepada Blambangan.

Bhre Narapati tidak hanya mengalahkan Bhree Wirabumi tetapi juga memancung kepala Bhre Wirabumi.

Dengan beralihnya kekuasaan ke Dewi Suhita, dan kematian Bhre Wirabumi, sejarahwan Slamet Mulyana mencatat sebagai akhir dari wangsa Sanggramamawijaya, dan berakhir kerajaan Hindu di Jawa(Majapahit Timur atau Blambangan).

Pemancungan kepala Bhre Wirabumi oleh Narapati dianggap kesalahan besar. Dia tidak sepantasnya melakukan seperti itu, terhadap putra Sang Hyang Giri Nata Bathara Siwa atau Prabu Hayamwuruk, keturunan darah biru wangsa Sanggramawijaya, penganut dan pelindung brahmana Hindu Siwa. Maka tiga tahun kemudian Narapatipun dipancung dan jenazah Bhre Wirabhumi diagungkan kembali karena makamnya dicandikan yaitu Candi Lung.

Setelah pemancungan Bhre Wirabumi perebutan tahta dan dendam kesumat merontokkan Majapahit.

Siapakah wangsa Sanggramawijaya.

Wangsa Sanggramawijaya menurut para sejarahwan adalah raja – raja yang keturunan Ken Dedes dan Ken Arok. Seperti diketahui Ken Arok merebut Ken Dedes dari Tunggul Ametung , seorang akuwu ( bupati) Tumapel.

Perebutan ini sepenuhnya mendapat restu dari Brahmana Hindu Siwa karena perkawinan antara Ken Dedes dan Tunggul Ametung, dianggap para brahmana Hindu Siwa, sebagai perkawinan yang tidak setara, dan merupakan pemaksaan dari Tunggul Ametung. Tunggul Ametung tidak memiliki kepantasan sedikitpun kawin dengan Ken Dedes karena kedudukan dan kastanya lebih rendah. Maka para Brahmana Hindu Siwa , memerintahkan Ken Arok, ksatrya Brahmana merebut kembali Ken Dedes dari Tunggul Ametung.

SILAKAN BERI KOMENTAR

Temui Kami di Facebook

Statistik

  • 67Dibaca Hari Ini:
  • 1996Dibaca Kemarin:
  • 16000Dibaca Per Bulan:
  • 348739Total Pengunjung:
  • 61Pengunjung Hari ini:
  • 15176Kunjungan Per Bulan:
  • 1Pengunjung Online: