REKONSTRUKSI PESIMISTIK

HAUR WAYAH.—
Ancaman populasi, atau setidaknya pandangan pesimistik akan ledakan penduduk yang semakin dahsyat, serta semakin terbatasnya daya dukung planet kita melahirkan pandangan bahwa kahir jaman sudah dekat. Mari kita lihat dalam persfektif sejarah masa depan ( futurology of historis), betulkah demikian?..
Pemakluman atas ketidakberdayaan dalam menghadapi kompetisi gila teknologi dan digitalisasi jejak kehidupan barangkali ini salah satu biang kerisauan para pemikir. Betapa, rekonstruksi masa lalu, atau yang selama ini susah payah dilakukan. Semakin hari semakin bertumpuk dan tanpa terkelola dengan baik. Dan parahnya public terkena penyesatan masih, kritisme menjadi pseudo empiric yang terlelah dengan sendirinya. Kabar-kabar di media sosial yang semakin membingungkan, dengan dalih era transparansi dan real time information menjadi tanpa saringan mutu yang ajeg. publik bingung dan tergiring-giring dengan bangga dan riuh rendah.

rutinitas macet menuju pusat konsentrasi ekonomi adalah pemandangan wajib pagi hari, dan terkedang mendahului kokok ayam jantan, atau sumpah serapah senja hari ketika semua orang terlelah dari aktivitas seharian, didengungkan dengan parade kekayaan di akhir pekan, tentang perolehan materi dengan segudang perangkan simbol-simbol hedonisme, atau paling tidak atas nama trend atau mode, menjadikan semua panggung nyaris tak bersisa, industrious katanya.
Jadi bagaimana menjawab masa depan yang semakin elektronis ini?,… yang katanya semua terhubung di lini massa atau dunia maya, bukankah ironi ketika dipaksa bertemu dijalan raya tanpa kenal, dan tak berupaya kenal satu sama lain dalam macet. kevuali tatapan konsumtif dan nada kompetisi tidak jelas, bahkan lebih ekstrim tatapan curiga dan antipati?,….

Dalam proses yang menelikung keasadaran, sebahagian masih saja menjejak, masih terus menakar dan mengukur, apologinya berusaha sampai di batas. dimanakan postur diri dan pemikiran?,… di dirimu?, atau……….

SILAKAN BERI KOMENTAR

Temui Kami di Facebook

Statistik

  • 580Dibaca Hari Ini:
  • 1839Dibaca Kemarin:
  • 14517Dibaca Per Bulan:
  • 347361Total Pengunjung:
  • 524Pengunjung Hari ini:
  • 13798Kunjungan Per Bulan:
  • 21Pengunjung Online: