Renstra Prodi

Dalam menapak dekade awal kiprah dan pengabdian, STKIP Setiabudhi Rangkasbitung dihadapkan pada peluang dan sekaligus tantangan global dengan lingkungan dan tatanan yang terus berubah dengan cepat. Di dalam masyarakat masa depan, ilmu pengetahuan diyakini akan menjadi penggerak utama pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Penguasaan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan merupakan peluang dan tantangan yang memerlukan tanggapan cepat dan strategis. STKIP Setiabudhi Rangkasbitung bertekad memainkan peran sebagai kekuatan intelektual bagi lahirnya masyarakat baru yang berbasis pengetahuan (knowledge society).

Pada saat ini bangsa Indonesia sedang menghadapi berbagai krisis dan perubahan besar yang pada muaranya diharapkan akan melahirkan masyarakat madani (civil society). Perubahan-perubahan ini dicirikan oleh demokratisasi, otonomi dan kesadaran Bhineka Tunggal Ika dalam berbangsa dan bernegara. Dalam masyarakat Indonesia yang majemuk dan menghadapi perubahan-perubahan, STKIP Setiabudhi Rangkasbitung dikehendaki menjadi sumber inspirasi pembaharuan sekaligus kekuatan moral pemersatu bangsa. Dalam menanggapi tingkat kemajemukan bangsa yang sangat kaya ragam, STKIP Setiabudhi Rangkasbitung mewajibkan dirinya untuk memperluas dan memeratakan akses pada pendidikan tinggi dan pelayanan masyarakat yang menjadi bagian dari tanggung jawab sosial STKIP Setiabudhi Rangkasbitung.

Di samping itu, tuntutan dan harapan masyarakat pun semakin meningkat sehingga STKIP Setiabudhi Rangkasbitung berkewajiban untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas makin tinggi dan mampu berdiri setara dalam pergaulan masyarakat, berperan aktif dalam menggerakkan pembangunan bangsa, serta menghasilkan karya yang mampu mendorong peningkatan keunggulan bangsa. Dengan adanya otonomi daerah, STKIP Setiabudhi Rangkasbitung mempunyai peluang besar untuk berperan aktif dalam pembangunan daerah berdasar keunggulan strategisnya.

Agar dapat memanfaatkan keunggulan strategis secara lebih optimal, diperlukan jaminan tatanan manajemen STKIP Setiabudhi Rangkasbitung menuju kemandirian dalam menentukan kebijakan yang mencakup bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Tatanan baru dengan asas kemandirian akan merupakan perangkat yang memperlancar pelaksanaan peran-peran dan pemenuhan harapan-harapan. Kemandirian ini juga diperlukan untuk mewujudkan institusi STKIP Setiabudhi Rangkasbitung yang efektif, berwawasan kualitas, dan efisien dalam pengelolaannya serta sekaligus akuntabel pada masyarakat. Kemandirian sebagai perguruan tinggi Badan berbasis masyarakat harus diartikan sebagai peningkatan tanggung jawab dan peran STKIP Setiabudhi Rangkasbitung dalam membangun bangsa melalui peningkatan sumberdaya manusia dan intelektualitasnya.

Kualitas output dari keseluruhan sistem pendidikan ditentukan oleh oleh aspek organisasi, fasilitas, sarana, dan prasarana yang andal, agar STKIP Setiabudhi Rangkasbitung dapat menjadi perguruan tinggi sebagai pusat penelitian (research center), pusat pengembangan ilmu pengetahuan (science center), dan pusat pemberdayaan sumberdaya manusia yang andal yang dikelola secara profesional, efektif, dan efisien; agar tidak kalah dari perguruan tinggi lain di dalam maupun di luar negeri.

Rencana strategis (Renstra) 2010-2015 merupakan terminasi dari Rencana Induk Pengembangan (RIP) STKIP Setiabudhi Rangkasbitung 2000-2025. Rencana strategis ini disusun sebagai pedoman dalam mengantisipasi perkembangan dunia pendidikan, khususnya pendidikan tinggi dalam suasana yang semakin mengglobal, namun tanpa melupakan situasi lokal yang sedang dihadapi. Persaingan yang dihadapi juga semakin ketat, karena banyaknya pilihan yang tersedia bagi masyarakat guna melanjutkan ke pendidikan tinggi. Persaingan antar perguruan tinggi tidak dianggap sebagai ancaman, melainkan sebagai tantangan dan peluang.

Detail lebih lanjut  Rencana strategis (Renstra) 2010-2015 Program Studi Sejarah dapat di baca pada dokumen berikut ini :

Download (PDF, 346KB)

Temui Kami di Facebook

Statistik

  • 1759Dibaca Hari Ini:
  • 1035Dibaca Kemarin:
  • 13857Dibaca Per Bulan:
  • 346786Total Pengunjung:
  • 1607Pengunjung Hari ini:
  • 13223Kunjungan Per Bulan:
  • 5Pengunjung Online: