Artikel

0

Sejarah Mesin Tenun

Diposting oleh Wayah

Share

Kemajuan dalam imdustri tekstil titik awal revolusi industri. Sebelum revolusi industri, pemintalan dan penenunan menggunakan alat sederhana. Dengan alat pintal dan tenun sederhana itu, jumlah benang dan kain yang dihasilkan amat terbatas. Padahal pekerjaan itu telah banyak memakan waktu dan tenaga. Cara kerja yang amat mengandalkan ketrampilan tangan itu berlangsung sampai tahun 1700. Sejak tahun 1733, muncul temuan temuan baru yang mengubah secara drastis cara kerja dalam industri tekstil a. Tahun 1733 : John kay menemukan mesin tenun bernama flying shuttle.

Dengan mesin tenaga manusia itu, penenunan kain dapat dilakukan lebih cepat. Akibatnya, dibutuhkan pemintal benang lebih banyak untuk mengimbangi kecepatan kerja mesin itu. b.Tahun 1764 : Jammes hargreaves menemukan mesin pintal bernama spinning jenny. Dengan mesin bertenaga manusia itu, gulungan benang yang dihasilkan lebih banyak dan lebih banyak. Akibatnya, dibutuhkan flying shuttle dan penenun lebih banyak untuk mengimbangi kecepatan kerja mesin itu. c. Tahun 1769 : Richard arkw right menemukan mesin pintal bernama water frame.

Dengan mesin bertenaga air itu,gulungan benang yang dihasilkan semakin banyak,halus, dan kuat. Akibatnya, dibutuhkan lebih banyak lagi flying shuttle dan penenun. d. Tahun 1779 : Samuel Compton menemukan mesin pintal bertenaga keledai bernama spinning mule sehingga jumlah flying shuttle dan penenun yang dibutuhkan semakin banyak. Akibatnya, jumlah pekerjaan memintal dan menenun menjadi tidak seimbang. e.Tahun 1785 : Edmund Cartwright menemukan mesin tenun bernama power loom yang digerakkan tenaga uap. Temuan itu menyeimbangkan jumlah pemintal dan penenun dalam industri tekstil.

Sementara itu, jumlah kain yang dihasilkan lebih banyak. Temuan temuan baru di industri tekstil membuat pekerjaan pemintalan dan penenunan tidak bias dilakukan di dalam rumah lagi. Mesin yang cukup besar dan jumlah tenaga kerja yang banyak membutuhkan ruang yang luas. Kebutuhan itu memicu mendirikan pabrik pabrik tekstil.

OLEH : EKA CAHYANTI

sumber; http://1purelight.blogspot.com

Silakan Beri Komentar

© Copyright Prodi Sejarah 2011. All rights reserved.