SEJARAH SINGKAT BATU TULIS MURUY KECAMATAN MENES

Pada masa Banten di serang bala tentara Belanda banyak penduduk meninggalkan tempat kediamannya, tanpa terkecuali meskipun mereka tinggal di sekitar istana. Salah seorang kasepuhan dari keluarga Istana ada yang turut keluar mengungsi, salah satu diantaranya ialah Nyi Kamilah ia bersama kedua orang putranya, pergi menuju ke Jami Muruy dan menetap di sana dalam keadaan kondisi yang memprihatinkan dan menyedihkan itu.

Setelah kedua putra Nyi Kamilah dewasa, mereka berinisiatif untuk melepaskan Banten dari cengkraman bala tentara Belanda yang dikala itu menjajahnya. Mereka berdua minta diri kepada ibunya untuk menemui Sultan dan mereka diterima dengan baik oleh Sultan, setelah mengutarakan maksud dan tujuannya maka diadakanlah kerjasama untuk melawan bala tentara Belanda.

Setelah berhasil dan keadaan daerah Banten menjadi aman kembali, kedua putra Nyi Kamilah diangkat menjadi prajurit keamanan Kesultanan. Setelah Sultan mengetahui latar belakang kehidupan kedua orang prajurit itu, Sultan merasa bangga dan bahagia ternyata ia masih putra Kasepuhannya.

Kemudian Sultan memerintahkan untuk segera menjenguk ibunya Nyi Kamilah yang masih tinggal di Jami Muruy atau Taman Muruy, maka berangkatlah kedua putra itu. Setelah menjelaskan dan mengutarakan maksudnya dan menjelaskan keadaan di Kesultanan pada ibunya itu, ibunya bersedia kembali pulang ke Kesultanan. Sebelum berangkat mereka mendaki sebuah batu besar dan mereka menulis kalimat dengan menggunakan huruf arab yang diukir, setelah selesai menulis, mereka berngkat ke Kesultanan. Dan sampai sekarang masyarakat Muruy menamakan tempat itu Jami Kamilah, “Tanan Kamilah”.

Tulisan tersebut :

Athal Hamam ialah memberi kebingungan

Homsatun ialah lima

Anabu ialah bangunan

Sahro ialah melihat

Al Walu ialah panglima awal permulaan

Sanatun ialah tahun di/pada tahun 1161 Hijriyah

SILAKAN BERI KOMENTAR

Temui Kami di Facebook

Statistik

  • 16Dibaca Hari Ini:
  • 1839Dibaca Kemarin:
  • 13953Dibaca Per Bulan:
  • 346851Total Pengunjung:
  • 14Pengunjung Hari ini:
  • 13288Kunjungan Per Bulan:
  • 1Pengunjung Online: