SEMANGAT SUMPAH PEMUDA DARI MASA KE MASA

Oleh : Asep Rizal Murtadho
Memasuki bulan oktober kita selalu disuguhkan pada ingatan sebuah momentum bersejarah bangsa Indonesia. Pada bulan oktober 1928 terjadi peristiwa besar yaitu, rapat kongres atau yang pada saat itu dikenal dengan nama kongres kerapatan pemuda. Kongres pemuda yang dilakukan adalah sebuah bentuk penyatuan persepsi dari pemuda yang terhimpun dalam berbagai organisasi primordial pada waktu itu. Ini juga wujud dari upaya melawan kolonialisme belanda yang telah lama menanam hegemoninya di alam fikiran bangsa Indonesia.

sumKongres kerapatan ini menghasilkan catatan resolusi yang secara general difahami sebagai tonggak persatuan para pemuda. Istilah “sumpah pemuda“ muncul pada tahun 1931 ketika Sutan Takdir Alisjahbana membuat sebuah tulisan jurnalistik. Tapi pada saat itu istilah ini belum terlalu populer. Baru pada 28 oktober tahun 1949 pertama kali diperingati hari kongres kerapatan pemuda di Yogyakarta. Tahun 1953 ketika diperingati hari kongres kerapatan pemuda ke-25 barulah istilah sumpah pemuda mulai diperkenalkan, yang diprakarsai oleh Moh Yamin. Istilah “sumpah“ disejajarkan secara historis dengan sumpah palapa yang pernah diucapkan Gadjah Mada sebagai wujud semangat kebangsaan. Sumpah pemuda juga berperan sebagai semangat ideologis dalam memerangi gerakan separatis yang mulai berdiaspora merongrong kedaulatan bangsa pada tahun 1950-an. Sebut saja DI/TII yang dimotori oleh SM Kartosoewirjo yang berusaha mendirikan Negara Islam Indonesia.
“Mitos“ semangat sumpah pemuda pula yang dikaitkan dengan mahasiswa sebagai kekuatan utama bangsa serta dibantu oleh angkatan darat dimanfaatkan oleh Soeharto untuk menggulingkan Orde Lama dan menggantinya dengan Orde Baru. Ironinya ketika orde baru berkuasa justru suara-suara pemuda dibungkam dan diseragamkan pemikirannya atas nama pembangunan. Runtuhnya Orde Baru juga sangat dipengaruhi oleh semangat pemuda sehingga melahirkan reformasi dan menjadi komitmen untuk menghargai keberagaman perbedaan yang dikekang ketika orde baru.
Semangat sumpah pemuda adalah tentang semangat persatuan dan perubahan, namun hal ini juga tidak terlepas dari bagaimana pemimpin bangsa Indonesia dari masa ke masa menggunakan energi itu dalam menahkodai perjalanan bangsa ini.

SILAKAN BERI KOMENTAR

Temui Kami di Facebook

Statistik

  • 1473Dibaca Hari Ini:
  • 1035Dibaca Kemarin:
  • 13571Dibaca Per Bulan:
  • 346562Total Pengunjung:
  • 1383Pengunjung Hari ini:
  • 12999Kunjungan Per Bulan:
  • 14Pengunjung Online: