Sumber – Sumber Sejarah

Peristiwa yang terjadi dimasa lampau dapat terungkap jika ada sumber-sumber yang mendukung. Sumber sejarah terdiri atas

a. Sumber Lisan

Yaitu keterangan langsung dari para pelaku atau saksi dari peristiwa yang terjadi dimasa lampau atau dari orang yang menerima keterangan secara lisan. Kelemahan dari sumber lisan ini yaitu sering kali ada unsur–unsur subjektifitas didalamnya.

b. Sumber Tertulis

Yaitu sumber sejarah yang diperoleh melalui peninggalan – peninggalan tertulis yang mencatat peristiwa yang terjadi dimasa lampau. Contohnya :

o prasasti

o kronik

o babad

o hikayat

o surat

o laporan

o notulenrapat

o piagam

o naskah

o arsip

o surat kabar

Pararaton sumber sejarah Kerajaan Singasari. Negarakertagama sumber sejarah Kerajaan Singasari dan Majapahit. Babad Tanah Jawi sumber sejarah Kerajaan Mataram Islam.

c. Sumber Benda

Yaitu sumber sejarah yang diperoleh dari peninggalan benda –benda kebudayaan. Sumber sejarah itu belum dapat menginformasikan secara pasti kebenaran yang diceritakan sehingga para ahli hanya dapat menafsirkan sebagian kecil dari peristiwa atau kejadian tersebut.

Contohnya :

o fosil

o senjata

o peralatan hidup

o perhiasan, dll.

d. Sumber Rekaman

Sumber rekaman bisa berupa rekaman kaset audio meupun rekaman kaset video. Misalnya : rekaman peristiwa sekitar proklamasi, dan rekaman demonstrasi mahasiswa menuntut reformasi. Agar mendapatkan bukti dan fakta sejarah yang benar harus memperhatikan segi terpercayanya sumber, kuatnya sumber, dan sahihnya sumber.

SILAKAN BERI KOMENTAR

Temui Kami di Facebook

Statistik

  • 111Dibaca Hari Ini:
  • 1067Dibaca Kemarin:
  • 53997Dibaca Per Bulan:
  • 570445Total Pengunjung:
  • 107Pengunjung Hari ini:
  • 51016Kunjungan Per Bulan:
  • 1Pengunjung Online: