Tambakbaya di Lebak

Rizki Permana

Sebagai bagian dari wilayah Kesultanan Banten, Kabupaten Lebak dengan luas Wilayah 304.472 Ha, sejarahnya tidak dapat dipisahkan dari sejarah Kesultanan Banten. Berkaitan dengan Hari Jadi Kabupaten Lebak yang jatuh pada tanggal 2 Desember 1828, terdapat beberapa catatan sejarah yang menjadi dasar pertimbangan, antara lain:

1.Pembagian Wilayah Kesultanan Banten Pada tanggal 19 Maret 1813, Kesultanan Banten dibagi 4 wilayah yaitu : – Wilayah Banten Lor – Wilayah Banten Kulon – Wilayah Banten Tengah – Wilayah Banten Kidul.Ibukota Wilayah Banten Kidul terletak di Cilangkahan dan pemerintahannya dipimpin oleh Bupati yang diangkat oleh Letnan Gubernur Inggris Raffles yaitu Tumenggung Suradilaga.

2. Pembagian Wilayah Keresidenan Banten Berdasarkan Surat Keputusan Komisaris Jenderal Nomor 1, Staatsblad Nomor 81 tahun 1828, Wilayah Keresidenan Banten dibagi menjadi 3 (tiga) Kabupaten yaitu: – Kabupaten Serang – Kabupaten Caringin – Kabupaten Lebak. Pada saat kami memulai riset Aku Massa untuk situs Lebak, kami berusaha mencari dari berbagai sumber tentang sejarah Lebak. Usaha pertama yang kami lakukan adalah melihat peta Lebak di Google Earth dan Google Map. Namun, yang kami temukan hanya foto satelit hutan belantara dengan satu kota yang tertulis yaitu Rangkasbitung. Daerah Warung Gunung, Lebak, Sajira dan Parung Kujang, dimana pada tahun 1855 terdapat penanaman kembali 3800 pohon jati, 30 Juni 1857. Pengetahuan kami tentang Lebak hanyalah dari catatan-catatan yang tertulis dalam buku Max Havelaar karya Multatuli. Tidak lebih. Ada seorang kawan yang menunjukan kumpulan puisi Orang-orang Rangkasbitung karya W.S. Rendra. Tapi itu tidak secara spesifik menyebutkan peta demografi dan keadaan sosial Lebak. Juga ada buku Sekali Peristiwa di Banten Selatan karya Pramoedya Ananta Toer penerbit Lentera Dipantara, 2003.

Multatuli Kemudian tim riset mencoba mencari kemungkinan materi Lebak dari berbagai sumber diantaranya Perpustakaan Nasional, Wikipedia, Google, situs web Pemerintah Daerah Banten, dan situs web Arsip Daerah Banten. Dari sumber yang terbatas inilah Maulana M. Pasha dan Syaiful Anwar berangkat ke Lebak untuk bertemu dengan Fuad Fauji dan Helmi Darwan dari Saidjah Forum untuk memulai program Aku Massa di Lebak. Lebak adalah salah satu wilayah di provinsi Banten. Sebelum reformasi wilayah ini termasuk dalam wilayah Jawa Barat. Setelah terbentuk provinsi Banten, beberapa kabupaten terbentuk di provinsi Banten termasuk Kabupaten Lebak dengan ibukotanya Rangkasbitung. Menurut Wikipedia, kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Serang dan Kabupaten Tangerang di utara, provinsi Jawa Barat di timur, Samudera Hindia di selatan, serta Kabupaten Pandeglang di barat. Luas wilayahnya 3.120 km², dengan jumlah penduduknya 1,1 juta jiwa (2003). Kota ini dilintasi jalur kereta api Jakarta-Merak. Bagian utara kabupaten ini adalah dataran rendah, dan selatan merupakan kawasan pegunungan dengan puncaknya Gunung Halimun di ujung tenggara di perbatasan dengan Kabupaten Bogor dan Kabupaten Sukabumi. Sungai Ciujung yang mengalir ke arah utara, merupakan sungai terpanjang di Banten. Gedung sekolah pegawai OSVIA dengan lonceng menara pada atapnya di Serang, Banten Pemain-pemain angklung dari suku Badui hadir dalam rapat Raksasa “Persatuan” di Rangkasbitung, 29 Maret 1957.Hari Jadi Kabupaten Lebak yang jatuh pada tanggal 2 Desember 1828 dengan ibu kota Warunggunung kemudian dipindahkan ke Rangkasbitung oleh Keputusan Gubernur Jenderal Hindia Belanda pada 17 Januari 1849.

Sungai Ciujung Provinsi Banten sejak lepas dari Jawa Barat menjadi salah satu provinsi terkaya di Indonesia dengan berbagai indusitri strategis dan padat karya yang ada di wilayah ini. Banten lebih banyak dikonotasikan dengan para jawara (para jagoan silat) yang tubuhnya kebal dari sayatan benda tajam. Namun, Lebak sebagai salah satu tempat penting dalam sejarah Indonesia sering hilang dalam ingatan kita.

SILAKAN BERI KOMENTAR

Temui Kami di Facebook

Statistik

  • 92Dibaca Hari Ini:
  • 1839Dibaca Kemarin:
  • 14029Dibaca Per Bulan:
  • 346923Total Pengunjung:
  • 86Pengunjung Hari ini:
  • 13360Kunjungan Per Bulan:
  • 9Pengunjung Online: