TEORI KEBENARAN

Mumuh Muhsin Z

Koherensi

1) Kebenaran ialah kesesuaian antara suatu pernyataan dengan pernyataan-pernyataan lainnya yang sudah lebih lebih dahulu diketahui, diterima dan diakui sebagai benar.

2) Suatu putusan dianggap benar apabila mendapat penyaksian (pembenaran) oleh putusan-putusan lainnya yang terdahulu yang sudah diketahui,diterima dan diakui benarnya. Contoh: “Semua manusia akan mati. Si Polan adalah seorang manusia.Si Polan pasti akan mati.” “Sukarno adalah ayahanda Megawati. Sukarno mempunyai puteri. Megawati adalah puteri Sukarno”. Teori ini dianut oleh mazhab idealisme. Penggagas teori ini adalah Plato (427-347 S.M.) dan Aristoteles (384-322 S.M.), selanjutnya dikembangkan oleh Hegel dan F.H. Bradley (1864-1924). Kritik terhadap teori ini adalah “tidak mungkinkah terdapat kumpulan proposisi yang koheneren yang semuanya salah”?.

Korespondensi

Kebenaran adalah kesesuaian antara pernya-taan tentang sesuatu dengan kenyataan sesu-atu itu sendiri. Contoh: “Ibu kota Republik Indonesia adalah Jakarta”. Teori ini digagas oleh Aristoteles (384-322 S.M.), selanjutnya dikembangkan oleh Bertrand Russel (1872-1970). Penganut teori ini adalah mazhab realisme dan materialisme. Kritik: how can we compare our ideas with reality? Apabila sudah diketahui kenyataan mengapa perlu dibuat perbandingan, padahal kebenaran sedang dimiliki?

Pragmatis

“Kebenaran suatu pernyataan diukur dengan kriteria apakah pernyataan tersebut bersifat fungsional dalam kehidupan praktis”; dengan kata lain, “suatu pernyataan adalah benar jika pernyataan itu mempunyai kegunaan praktis dalam kehidupan manusia”. Kata kunci teori ini adalah: kegunaan (utility), dapat dikerjakan (workability), akibat atau pengaruhnya yang memuaskan (satisfactory consequencies). Pencetus teori ini adalah Charles S. Pierce (1839-1914) dan William James. Kritik: betapa kabur dan samarnya pengertian berguna (usefull) itu. Sumber: Endang Saifuddin Anshari. Ilmu, Filsafat dan Agama. Surabaya: Bina Ilmu.

2 Komentar

  • jamaludin

    Mar 19, 2011

    menurut pendapat saya Kebenaran adalah gabungan dari segala yang baik.Pengetahuan yang benar adalah pengetahuan yang sesuai dengan obyek, yakni pengetahuan yang obyektif. Karena suatu kebenaran memiliki banyak aspek.

  • awaludin

    Mar 19, 2011

    kebenaran/keadaan benar berupa kesesuaian antara arti yang di maksud oleh sebuah pendapat/pernyataan yang sungguh" terjadi merupakan kenyataan sesuai fakta.

SILAKAN BERI KOMENTAR

Temui Kami di Facebook

Statistik

  • 1355Dibaca Hari Ini:
  • 1839Dibaca Kemarin:
  • 15292Dibaca Per Bulan:
  • 348082Total Pengunjung:
  • 1245Pengunjung Hari ini:
  • 14519Kunjungan Per Bulan:
  • 8Pengunjung Online: