TUGAS METODOLOGI&HISTORIOGRAFI

TUGAS 1.
wacana:

Sejarah seharusnya ditulis oleh orang yang mempunyai kompetensi di bidang kesejarahan (baca : sejarawan) yang diharapkan mampu meneliti dan menulis dengan semangat kritis yang tinggi, dalam arti sejak pengumpulan data atau sumber sejarah (yang biasa disebut heuristik) sampai kepada tahap penulisannya (historiografi), harus dilakukan serangkaian kritik sehingga dapat dihasilkan suatu tulisan sejarah yang didasarkan atas fakta-fakta yang benar-benar teruji dan dapat diandalkan. Untuk mencapainya sejarah harus ditulis melalui prosedur yang disebut Metode Sejarah. Metode ini mempunyai empat tahapan yang integral, yakni Heuristik, Kritik, Interpretasi, dan Historiografi.
Tugas:
buat deskripsi tentang standar kompetensi yang harus dimiliki seorang peneliti sejarah ( 5 alinea standar)

TUGAS 2.
wacana:
Louis Gottchalk (1975) telah memilah heuristik, sebagai berikut, pertama: memilih memilih subjek. Dalam memilih subjek, heuristik harus merujuk kepada empat pertanyaan pokok, yakni : dimana, siapa, bilamana, dan apa. Pertanyaan tersebut berkenaan dengan aspek geografis, biografis, kronologis, fungsional atau okupasional. Dari pertanyaan pokok itulah berbagai keharusan konseptual dilakukan dan berbagai pro­ses pengerjaan penelitian dan penulisan dijalani. Pertanyaan tersebut berfungsi untuk menentukan penting atau tidaknya suatu peristiwa diteliti. Juga sebagai alat untuk menentukan hal-hal mana yang bisa dijadikan “fakta sejarah”. Pendek kata fokus yang bersitat interogatif tersebut akan menuntun sejarawan kepada subjek, sehingga terhindar dari fokus yang yang ngawur atau tidak perlu.
Kedua, informasi tentang subjek, yang dapat dapat diperoleh dari berbagai macam sumber, yakni: (1) Rekaman sezaman yang terdiri dari instruksi atau perintah, rekaman stenografis dan fonografis, surat niaga dan hukum, serta buku catatan pribadi dan memorandum prive; (2) Laporan konfidensial yang terdiri berita resmi militer dan diplomatik, jurnal atau buku harian, dan surat-surat pribadi; (3) Laporan-laporan umum yang terdiri dari laporan dan berita surat kabar, memoar dan otobiografi, sejarah “resmi” suatu instansi, perusahaan dan sejenisnya. (4) Quesionaris tertulis; (5) Dokumen pemerintah dan kompilasi, terdiri dari risalah instansi pemerintah, undang-undang dan peraturan; (6) Pernyataan opini, terdiri tajuk rencana, esei, pidato, brosur, surat kepada re­daksi, dan sejenisnya; (7) Fiksi, nyanyian, dan puisi; (8) Folklore, nama tempat, dan pepatah.
Delapan sumber informasi tersebut bukanlah sumber sejarah dalam arti sebenarnya. Artinya ia hanya sebagai sarana untuk mencari keterangan tentang subjek. Sedangkan sumber sejarah itu sendiri adalah hasil yang diperoleh dari pencarian informasi tersebut yang nantinya digunakan dalam penulisan sejarah se­telah melalui tahapan pengujian.
Tugas:
buat tabel yang memuat berbagai macam sumber ( 8) sesuai kronologi sejarah Banten

TUGAS 3.

Wacana:
Tentang sumber sejarah, Nugroho Notosusanto (1978:36) telah mengklasifikasikannya ke dalam tiga bentuk yang sederhana yakni: (1) Sumber benda; menyangkut benda-benda arkeologis, efigrafi, numistik, dan benda sejenis lainnya; (2) Sumber tertulis, terdiri dari buku-buku dan dokumen; (3) Sumber lisan, terdiri dari hasil wawancara dan tradisi lisan (oral tradition).

Tugas:
Jelaskan potensi sumber kesejarah yang dimiliki kabupaten Lebak berdasarkan klasifikasi di atas:

Tugas dikumpulkan via email paling lambat jum’at pkl. 07.00 wib.,dan merupakan bahasan mata kuliah metodologi dan historiografi minggu ini.

1 Komentar

  • edy febriyadi

    Nov 06, 2011

    Nabi Ibrahim AS telah dijanjikan oleh Allah SWT, bahwa anaknya bkelak akan menjadi pemimpin bangsa yang besar.. kemudian Ketkika SIti hajar menerima berita dari malaikat bahwa dia akan melahirkan seorang anak dari Nabi Ibrahim yang Akan diberi nama Ismail (Nabi Ismail AS)Yang berarti mendengar, dan Nabi Ibrahim juga akan memiliki anak dari sarah yang diberi nama ishak (Nabi Ishak AS) yang berarti tertawa....Cerita Ini saya dapat dari tayangan film yang menceritakan tentang Nabi Ibrahim AS.....

SILAKAN BERI KOMENTAR

Temui Kami di Facebook

Statistik

  • 871Dibaca Hari Ini:
  • 1839Dibaca Kemarin:
  • 14808Dibaca Per Bulan:
  • 347639Total Pengunjung:
  • 802Pengunjung Hari ini:
  • 14076Kunjungan Per Bulan:
  • 18Pengunjung Online: